PENDEKATAN SISTEM

PEMECAHAN MASALAH DAN PEMBUATAN KEPUTUSAN

Masalah adalah suatu kondisi yang memiliki potensi untuk menimbulkan kerugian atau keuntungan luar biasa. Pemecahan Masalah  adalah tindakan memberi respon terhadap masalah untuk mengatasi akibat buruknya atau memanfaatkan peluang keuntungan.

Masalah tidak terstruktur                    = Manajer

Masalah Terstrktur                              = Komputer

Masalah Semi Terstruktur                   = Manajer & Komputer

Pentingnya pemecahan masalah didasarkan pada konsekuensinya bukan jumlah waktu. Keputusan adalah pemilihan suatu strategi atau tindakan. Pengambilan Keputusan adalah tindakan memilih strategi atau aksi yang manajer yakini akan memberikan solusi terbaik atas masalah.

Gejala adalah kondisi yang dihasilkan oleh masalah. Gejala menyerupai puncak gunung es yang berarti manajer harus mencari penyebab masalah dibalik gejala. Suatu masalah adalah penyebab dari suatu persoalan atau penyebab dari suatu peluang.

Struktur Masalah

  1. Masalah Terstruktur : Terdiri dari elemen dan hubungan-hubungan antar elemen yang dapat dipahami oleh pemecah masalah.
  2. Masalah tak Terstruktur : Terdiri dari elemen atau hubungan-hubungan antar elemen yang tidak dipahami oleh pemecah masalah.
  3. Masalah Semi terstruktur : Masalah yang berisi sebagian elemen atau hubungan antar elemen yang dimengerti oleh pemecah masalah.

Proses pemecahan masalah secara sistematis bermula dari John Dewey yang  mengidentifikasi 3 seri penilaian yang terlibat dalam memecahkan masalah suatu kontroversi secara memadai yaitu:

  1. Mengenali kontroversi
  2. Menimbang klaim alternatif
  3. Membentuk penilaian

TAHAP PEMECAHAN MASALAH

1. usaha persiapan

2. usaha definisi

3. usaha solusi

FAKTOR MANUSIA YANG MEMPENGARUHI PEMECAHAN MASALAH

Tiap manajer memiliki gaya pemecahan masalah yang unik, gaya ini dapat mempengaruhi dalam :

  1. Merasakan masalah / penghindar masalah (Problem Avoider),

manajer mengambil sikap positif dan menganggap semua baik-baik saja.ia berusaha menghalangi kemungkinan masalah dengan mengabaikan informasi.

  1. Mengumpulkan Informasi/Pencari masalah (Problem Seeker)) :
  • Gaya teratur, mengikuti gaya management by exception dan menyaring segala sesuatu yang tidak berhubungan dengan area minatnya.
  • Gaya menerima, manajer jenis ini ingin melihat semuanya, kemudian menentukan apakah informasi tersebut bernilai baginya/orang lain dalam organisasi.
  1. Menggunakan Informasi /Pemecah masalah ( Problem solver) :
  • Gaya sistematik, manajer memberi perhatian khusus untuk mengikuti suatu metode yang telah ditetapkan. Co. : pendekatan sistem.
  • Gaya intuitif, manajer tidak menyukai suatu metode tertentu tetapi menyesuaikan pendekatan dengan situasi.

SUMBER :

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar